Friday, February 20, 2009

Kajian Hidup Sehat & Cara Penyembuhan Kaum Sufi


Melon Memperbaiki Sumsum Tulang Belakang

”Bilamana kamu makan buah-buahan, makanlah melon, karena itu adalah buah-buahan surga dan mengandung seribu keberkahan dan seribu rahmat. Memakannya akan menyembuhkan setiap penyakit,”. (Sabda Nabi Muhammad SAW) Sebagian besar makanan yang diciptakan oleh Allah SWT untuk dinikmati umat manusia, merupakan sebaik-baiknya makanan. Kecuali jika makanan dikonsumsi secara berlebihan yang seharusnya justru malah dikurangi. Karena itu, kaum sufi mengenal makanan bukan pada kenikmatan rasa, melainkan kandungan apa saja yang terdapat didalamnya.Kaum sufi akan mengkonsumsi makanan apa yang baik bagi tubuhnya, dan akan mengurangi jika itu merupakan pantangan yang harus dihindari. Diantara cara hidup sehat yang diajarkan kaum sufi menganut alur dari sabda Nabi Muhammad SAW dan firman Allah SWT. Kajian makanan sehat yang dianjurkan disertai kandungannya sebagai berikut; Jenis makanan dari Daging dianjurkan asalkan daging dari jenis binatang yang baik.

Allah dalam Alquran (52:22) berfirman; “Dan Kami beri mereka tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingini”. Makanan daging yang dijanjikan Allah cukup banyak jenisnya, namun tidak semua jenis daging dianggap sebagai makanan yang baik.

Nabi SAW pernah mengatakan bahwa orang yang tidak makan daging selama 40 hari berturut-turut akan merana, sedangkan makan daging selama 40 hari berturut-turut akan mengeraskan hati. Dengan kata lain, cara mengkonsumsi daging yang baik dianjurkanYang sedang-sedang saja. Sementara daging yang paling diperlukan karena dari jenis yang baik adalah daging domba. Jenis daging ini memiliki tabiat yang baik, yakni tabiat panas dan basah.
Daging domba yang terbaik adalah dari domba jantan berumur antara satu dan dua tahun.Sedangkan potongan yang paling baik adalah bagian tengkuk. Daging domba harus dimasak dalam suatu cairan kalau tidak biasanya akan mengering. Selain itu lemak daging sapi yang dicampur dengan mrica dan kayu manis, dapat dijadikan sebagai bahan obat kuat (tonik). Daging yang halal selain daging babi dan binatang buas, konsumsi daging unta, kuda, dan keledai adalah makanan paling buruk.

Nabi SAW dalam sabdanya juga menganjurkan cara penyembelihan yang baik, yakni “Jangan memotong daging dengan sebilah pisau di atas piring, karena itu adalah cara orang non muslim. Tapi peganglah dengan jari-jarimu, maka rasanya pun akan lebih enak,”.
Dan dalam sabda beliau yang lain mengatakan, “Satu ekor kambing adalah satu keberkahan, dua ekor kambing adalah dua keberkahan, dan tiga ekor kambing adalah kekayaan,”.Makan lainnya yang dikaruniai banyak manfaat adalah buah Melon.

Sebagaimana dianjurkan oleh Nabi SAW dalam hadis beliau menyatakan, ”Bagaimana kamu makan buah-buahan, makanlah melon, karena itu adalah buah-buahan surga dan mengandung seribu keberkahan dan seribu rahmat. Memakannya akan menyembuhkan setiap penyakit,”. Kaum sufi mengkaji sabda tersebut sebagai anjuran akan khasiat melon untuk ketahanan tubuh.Disebutkan, nabi selama hayatnya sering kali makan buah melon dengan kurma segar. Khasiat terkandung di dalamnya, baik untuk membersihkan kandung kemih, pencernaan, memperbaiki cairan sumsum tulang belakang, dan mempertajam penglihatan. Namun dianjurjan buah Melon jangan dimakan duluan sebelum makan. Sabda Nabi SAW, “Tak ada wanita hamil yang makan buah melon gagal menghasilkan keturunan yang berair muka bagus dan berwatak baik,”

Makanan yang diridhoi Allah yang lainnya adalah Susu. Allah dalam firman-Nya menyebutkan susu yang dilimpahkan kepada umat manusia tidak ada habisnya. “Sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya,” (QS.47:15).

Dan kata-Nya pula, “Susu yang bersih, mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya,” (QS. 16:66).

Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa susu tidak dapat diganti dengan makanan lain. Beliau sendiri mengatakan suka susu. Susu terdiri dari lemak dan air serta zat padat susu (keju).

Semua unsur itu sesuai dengan keadaan jasmani manusia. Namun, disarankan agar jangan mengambil susu dari binatang yang masa kehamilannya lebih lama dari masa kehamilan manusia. Diantara jenis susu yang baik adalah berasal dari susu sapi, sebab binatang ini makan dari rerumputan.

Rasulullah SAW bersabda. “Minumlah susu, karena menghilangkan panas dari hati sebagaimana jari menyeka keringat dari kening. Selain itu, susu memperkuat punggung, meningkatkan kemampuan otak, menambah kecerdasan, memperbaharui pandangan, dan menghilangkan sifat pelupa,”.Sedangkan jenis makanan yang lainnya, adalah Cuka. Syaikh Hakim Mu’inuddin Chisyti mengatakan dalam bukunya Cara Penyembuhan Sufi, bahwa Nabi Muhammad SAW dikabarkan pernah mengatakan bahwa cuka adalah bumbu dari semua nabi yang datang sebelum beliau. Cuka bersifat dingin juga panas, hampir seimbang. Bila dicampur dengan air mawar maka baik sekali untuk obat sakit gigi dan sakit kepala. Cuka juga disebutkan dapat mengencerkan lendir (dahak).







No comments:

Post a Comment